Minggu, 22 September 2013

Cara melubangi objek


Ok tanpa banyak cincong, sekarang kita akan menuju ke TKP untuk belajar cara melubangi objek pada 3ds max….

1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat objek yang akan dilubangi. Disini saya membuat objek balok/box.
Caranya yaitu : klik box yang dilingkari merah.

2. Kemudian buat objek box nya di bidang kerja. Terserah dimana saja bisa, di top, front, left ataupun perspective. Hasilnya kira-kira  seperti gambar dibawah ini.


3. Kemudian klik zoom extents all ( yang dilingkari merah).letaknya dipojok kanan bawah. Mengenai fungsinya bisa dilihat setelah diklik.. hehhehe
4. Nah kemudian kita akan membuat objek sebagai pelubangnya, misalnya kita akan lubangi objek tersebut dengan bentuk silinder/tabung. Sekarang klik cylinder dan buat objek silinder di bidang kerja. Kira-kira hasilnya seperti gambar dibawah ini.


NB : disini saya membuat kedua objeknya di top view. Hasil akan berbeda terutama untuk silinder jika di view yang lain. Namun itu tidak masalah karena dimanapun kita buat tetap kita bisa merubah posisinya dengan cara klik select and rotate (yang dilingkari merah). 


Caranya, Klik select and rotate kemudian klik/pilih objeck yang ingin diputar/dirubah posisinya kemudian putar. Awalnya memang agak sulit namun jika sudah terbiasa akan terasa gampang ^^.
5. Setelah mendapatkan posisi yang diinginkan. Saya memposisikan seperti gambar dibawah. Dimana objeck silinder derada ditengah-tengah objeck box.

Terserah kalian nanti mau posisi gimana. Yang penting apapun makanannya, minumnya tetap the botol sosro (gak nyambung).. heeee… Sekarang kita akan menuju langkah yang terakhir yaitu melubangi objek box dengan abjeck silinder.
6. Pilih objeck box dengan cara klik select and move kemudian klik objeck box.



7. Setelah objeck dipilih maka akan nampak seperti gambar diatas kemudian klik standard primitives pilih compound objects.
     
8. Kemudian klik Boolean diikuti dengan klik Pick Operand B kemudian klik objek silinder… wow… kini objeck box sudah terlubangi.

Bagaimana.. Gampang bukan… Ini adalah dasar dari cara melubangi objeck di 3ds max. Kalian bisa berkreasi dengan objek yang lain untuk menghasilkan model yang menarik… Semoga tutorial saya ini bermanfaat. Selamat berkarya.. !!!

0 komentar: