Cara membuat bantal



objek bantal

1) Buka sofware 3d s max kamu, boleh versi berapa aja, yang aku gunain itu 3ds Max 2009



2) Pada Bagian kanan terlihat menu - menu untuk membuat berbagai macam objek. Kita cukup gunakan BOX saja
 


3) Selanjutnya pada layar kerja buatlah sebuah box. ukurannya boleh awur dulu, seperti gambar dibawah ini




4) Klik menu modifier seperti tanda panah gambar dibawah, lalu km ubah ukuran sama seperti lingkaran pada gambar dibawah




maka otomatis objek kotak akan berubah seperti gambar dibawah 


5) Di layar kerja [perspective] klik kanan, lalu centang tulisan edged faces, tujuannya agar garis - garis segmen bisa terlihat untuk memudahkan mengedit


Setelah di aktifkan maka objek akan terlihat garis - garis seperti gambar dibawah

Dan klik icon pada tanda panah di gambar diatas agar layar menjadi full, tujuannya cuma agar terlihat simple ajasih

6) klik menu modifier list seperti gambar dibawah, lalu pilih FFD 4x4x4 seperti yang ditunjukkan tanda panah pada gambar di bawah ( modifier list itu semacam memberi  effect pada objek, disit ada banyak macam effect dengan fungsi yg berbeda - beda )

setelah di beri effect FFD 4x4x4 maka objek akan bertambah garis - garis kuning, effect ini gunanya untuk pengeditan bentuk objek


7) Tanpa memilih objek, lalu tekan T pada keyboard, dan layar kerja akan berubah menjadi Top

8) Lalu dibagian effect td km tekan tanda + pada FFD 4x4x4 lalu km klik control point, control point itulah guna agar titik - titik kuning tersebut  bisa di edit, dan otomatis objeknya akan berubah juga

9) Lihat dengan jelas gambar dibawah ini, block titik - titik yang  dilingkari pada gambar dibawah, terlihat ada 8  titik yang di block

10) lalu pada menu diatas km klik Scale pada gambar yang dilingkari, atau gampang nya km tekan R pada keyboard (Scale gunanya untuk memperbesar/memperkecil objek)

Setelah menekan icon scale maka akan muncul seperti gambar dibawah

11) lalu pada segitiga tersebut, lalu km klik + tahan dan bawa kursor kearah bawah agar titik-titik yang di block akan mengecil, jika langkah km benar, 
 
Nah gambar 3dnya akan seperti dibawah Tekan P pada keyboard untuk merubah layar menjadi 3d perspective


12) langkah selanjutnya, Tekan F pada keyboard (front/tampakdepan) Jadi sekarang kita akan mengedit dari bagian depan, lalu km block titik - titik yang ditunjuk pada gambar dibawah

13) Kembali km tekan R untuk scale, lalu km tekan garis berwarna hijau, dan tarik keatas untuk membuat kembung bagian tengah
 
14) lanjutkan dengan memblock titik-titik yang di tunjuk pada gambar dibawah, Tekan R lg, lalu klik tahan garis hijau trus km bawa kearah bawah hingga menjadi rapat seperti gambar di bawah




15) Lanjut lagi block titik - titik yang ditunjukkan pada gambar dibawah

16) Lalu klik icon yang ditunjukkan oleh tanda panah, atau langsung saja km tekan W (move) gunanya untuk memindahkan maka gambar segitiga akan berubah menjadi arah panah
17) selanjutnya km klik tahan panah hijau lalu km geser keatas, jika langkahmu tepat maka lengkung di tengah tengah tersebut akan pindah, jadinya seperti gambar dibawah ini

Jika sampai langkah ini km berhasil, tekan P untuk melihat hasil 3dnya

18) Lalu klik menu modifier list yang berada disamping kanan, lalu pilih effect turbo smooth,gunanya untuk memperhalus objek dengan menambah lebih banyak segmen/garis maka akan berubah seperti ini

19) klik effect turbo smooth pada sebelah kanan lalu km atur iterationsnya. Cukup gunakan 3 saja sudah akan terlihat sangat halus (perhatian :lebih baik jangan menggunakan iterations lebih dari 3, karena akan membuat laptop km lambat, 3 saja sudah sangat cukup)

Diatas merupakan hasil akhirnya, dan km masih bisa edit dengan melakukan perubahan warna, cloning, dan rotate

Jadi dengan menggunakan teknik diatas km bisa membuat berbagai macam bentuk lain :)

0 komentar: